MPK PDM adalah singkatan dari Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah Trenggalek, merupakan majelis yang menangani kegiatan pendidikan para kader penerus perjuangan Muhammadiyah yang berada dibawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Trenggalek. MPK PDM beberapa pekan terakhir mengadakan kegiatan kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas kader. Kegiatan kegiatan tersebut dimulai dari Rapat Kerja Daerah bersama dengan Majelis Dikdasmen, sampai Baitul Arqam ketiga di tahun 2019.

Majelis ini pada awalnya di pimpin oleh Imam Nurkhozin, kepala MIM Dermosari merangkap ketua Hisbul Wathon dan Ketua Forum guru Muhammadiyah. Beliau menjadi pimpinan sampai tahun 2017. Beliau mendapatkan amanah menjadi ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah.

Perkembangan selanjutnya koordinator MPK Anang Wahid Cahyono mencoba meyakinkan penulis (Kamas Tontowi) untuk mengurus Majelis Pendidikan Kader hingga akhir kepengurusan sedangkan kesekretariatan dipegang oleh Arifin. Pengurus MPK PDM Trenggalek adalah anak anak muda pegawai AUM Pendidikan, mereka adalah Fahrur Rosi, Ahmad Nurkholik, M Nur Freda, Feri Bagus Setyawan, Junianto Iksan, Taufik Hidayat serta didukung beberapa pengurus dari Tapak Suci, IPM, Nasyiatul Aisyiyah dan pegawai SD Inovatif Muhammadiyah Trenggalek seperti Mat Tohar, Rudianto, Nurkholis dan teman teman.

Banyak agenda yang telah kami bangun bersama teman-teman tersebut diantaranya:

Rakerda bersama MPK dan Dikdasmen
Agenda pertama MPK PDM adalah Rakerda bekerjasama dengan Majelis Dikdasmen. MPK dan Dikdasmen PDM Trenggalek mengadakan Rakerda pada tanggal 22 Juli 2016. Rakerda dihadiri oleh seluruh Ortom dan Kepala sekolah/madrasah se Kabupaten Trenggalek. Rakerda menyimpulkan beberapa kegiatan.

  1. Menghimbau kepada sekolah agar memasukkan kader IPM dalam pelaksanaan Fortasi di AUM setingkat SLTP dan SLTA.
  2. Menghimbau kepada Sekolah/Madrasah untuk memberi uang transport ke pelatih HW atau Tapak Suci.
  3. Perlu adanya pelatihan pelatih Hisbul Wathan agar cabang cabang mampu memberi kontribusi pelatihnya ke AUM.
  4. Jamda HW dilaksanakan pada tahun 2017 dengan materi materi lomba yang mengacu kepada Standar Pendidikan Nasional.
  5. Jamda HW dilaksanakan di Bangun Munjungan.
  6. Kejurda Tapak Suci dilaksanakan tahun 2018 bersama Pekan Pelajar Muhammadiyah.
  7. Kejurda Tapak Suci di handle langsung oleh Pimpinan Daerah Tapak Suci.
  8. Majelis Kaderisasi selaku kepanjangan tangan dari Ketua PDM membimbing dan membantu secara proporsional.

Baitul Arqam 1 Untuk Pimpinan Amal Usaha Muhammdiyah Trenggalek 2017
Kegiatan lanjutan yang dijalankan MPK PDM Trenggalek adalah Baitull Arqam. Baitul Arqam adalah kegiatan wajib yang dilakukan Majelis Pendidikan Kader. Baitul Arqam dilaksanakan mulai 30 April sampai dengan 1 Mei 2017. Peserta adalah Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah kabupaten Trenggalek. Pemateri terdiri dari unsur PDM, unsur Kampus dan PWM. Mereka adalah Rohmat ketua PDM Trenggalek, Sulthon bidang Kader AUM MPK PWM, Agus Tamami wakil ketua PDM Trenggalek, Munarji, ketua STAIM Tulungagung, Muhammad Najikh. dosen Pasca Sarjana UMM Najib Hamid wakil ketua PWM Jatim, Suripto sekretaris PDM Trenggalek serta Tohir Luth wakil ketua PWM Jatim. Acara berlangsung lancar meskipun ini adalah acara pertama yang dilaksakan di PDM Trenggalek.

BA Tahun 2017

Buka Bersama MPK 2017
Buka Bersama adalah kegiatan yang diadakan setelah sehari puasa. Kegiatan ini mempunyai nilai pahala yang luar biasa. MPK PDM Trenggalek tidak lupa mengadakan kegiatan Buka Bersama untuk mengakrabkan kembali teman teman yang telah bekerja sama mensukseskan kegiatan. Kegiatan diikuti dua puluh orang yang terdiri dari Ketua PDM ustadz Anang, pengurus MPK, serta unsur AMM. Buka bersama biasanya dilakukan dengan tinggal makan saja ketika sudah tiba di lokasi, tapi Bukber ini diadakan dengan cara tiap tiap anggota membawa makanan makanan yang berbeda. Sebagian membawa nasi, sebagian membawa lodho ayam, jeruk, salak, kolak, duren dan bahkan ada yang bertugas mempersiapkan piring sendok, es batu dan lain lain. Kegiatan ini dilaksanakan di Mabes SD Inovatif Muhammadiyah Trenggalek. Peserta yang hadir seluruh anggota yang menjadi panitia Baitul Arqam.

Napak Tilas KH. Ahmad Dahlan di Jogjakarta 2017
KH Ahmad Dahlan adalah tokoh yang mendirikan Muhammadiyah. Beliau telah memperjuangkan dan peletak pondasi gerakan Muhammadiyah. MPK PDM mengunjungi alun alun Jogja, masjid Jogokaryan, masjid Gede Kauman, Langgar Kidul, rumah KH Ahmad Dahlan, gang gang di Kauman, Mu’alimin Muhammadiyah (Kweekschool), Pemakaman Karangkajen, Pemakaman Nyai Walidah, kantor PP Muhammadiyah, kantor PP Aisiyah, toko Suara Muhammadiyah, Gedoeng Muhammadiyah, dan Malioboro. Kegiatan ini digunakan untuk mengurangi ketegangan selama berMuhammadiyah dan untuk mengingat kembali perjuangan KH Ahmad Dahlan.

Langgar Kudul Milik KH Ahmad dahlan saat mendirikan Muhammadiyah 1912

Dialog Ideopolitor (Ideologi Politik Organisasi) 2018
Dialog Ideopolitor merupakan salah satu jenis perkaderan yang didesain dalam bentuk dialog untuk memberikan pemahaman tentang peta mutakhir ideologi, politik, ekonomi dan gerakan keagamaan di Indonesia, baik dalam skala lokal, regional maupun nasional. Ketua MPK PWM Jawa Timur Latipun membuka acara, kemudian pemateri bergantian tampil Nadjib Hamid, Suli Daim dan Suripto. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2018 di BKD Kabupaten Trenggalek. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan menjelang musim pemilu yang sangat penuh dengan arus kepentingan. Beberapa kader di Muhammadiyah masuk kedalam lingkaran pemilu, karena itu Dialog ini untuk memberikan bekal mereka dalam memasuki dunia politik.

ideopolitor yang diisi oleh Dr. Suripto, Najib Hamid dan Suli Daim

Baitul Arqam 2 untuk karyawan Amal Usaha Muhammadiyah Tahun 2018
Pimpinan Daerah Muhammadiyah melalui Majelis Pendidikan Kader telah menyelenggarakan Baitul Arqam pada tanggal 28-29 April 2018 sebagai upaya meningkatkan kualitas kader di kalangan pegawai Amal Usaha Muhammadiyah. Kegiatan diharapkan sebagai pencerahan terhadap Organisasi Muhammadiyah di kabupaten Trenggalek.

Hadir sebagai pemateri dari unsur PWM Nadjib Hamid, Moh. Norhakim, Mulyana A.Z. Pemateri praktisi Pahri kepala. SMKM Gondanglegi Malang, Budi Sunaryanto dari Ngawi serta dari unsur PDM Anang Wahid Cahyono. Kegiatan dilaksanakan di SMPM Karangan Trenggalek. Kegiatan dibuka oleh bendahara PDM Supandi dan ditutup oleh ketua PDM Rohmat. Pendaftar Baitul Arqom 90 guru dan karyawan dan 70 peserta lulus.

Peserta sedang mengikuti praktik Sholat oleh ustadz anang Wahid C, Lc

Family Gathering tahun 2018 di Pantai Mutiara
Family Gathering adalah kegiatan perkaderan keluarga. Kegiatan diadakan di pantai Mutiara kecamatan Watulimo kabupaten Trenggalek. Kegiatan bekerja sama dengan MPK PDA Trenggalek. Kegiatan Family Gathering diupayakan menjadi solusi menyelamatkan keluarga Muhammadiyah dan didukung ortom. Para pengurus makan bersama, bermain bersama, bernyanyi bersama, berangkat bersama dan mengurus kegiatan ini bersama sama. Setiap pengurus diwajibkan memberikan kontribusi berupa unjuk kebolehan bersama istri dan anaknya.

Peserta Family Gthering tengah bersantai di tepi pantai

Baitul Arqam 3 Tahun 2019 di Gedung Bawarasa Trenggalek
Baitul Arqam ini adalah Baitul Arqam terakhir yang dilaksanakan oleh pengurus MPK PDM Trenggalek. Kegiatan dilaksanakan pada 9 sd 10 November 2019 di Bawarasa Pendopo Trenggalek. Kegiatan diharapkan mampu memberikan inspirasi, bimbingan terhadap tulang punggung persyarikatan Muhammadiyah. Para pemateri hadir dalam acara ini adalah Suripto sekretaris PDM, Eko Hardiansyah wakil rektor Umsida, Anang wahid Cahyono wakil ketua PDM Trenggalek, Agus Mahfudz Fauzi, sekretaris MPK PWM Jatim, Kasuwi Thariq, Pendekar Besar TSPM JawaTimur serta Nadjib Hamid wakil ketua PWM Jatim.

Baitul Arqam yang diisi oleh salah seorang Pndekar Tapak Suci

Kajian Romadhon dan Lomba Da’i Bersama ketua PWPM Jawa Timur
Tanggal 30 Mei 2019 Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah Trenggalek bekerjasama dengan bidang dakwah Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah mengadakan kegiatan yang dimulai dari pagi hari berupa Lomba Da’i Angkatan Muda Muhammadiyah dari berbagai ortom, mulai Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, IPM dan peserta dari PCM PCM. Lomba Dai diupayakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dai yang semakin langka. Sore hari Kajian Romadhon yang diselenggarakan menjelang berbuka puasa. Kajian Romadhon ini mengundang pemateri dari sisi ilmiah dan agama. Dua pemateri hadir mengisi kegiatan ini yaitu Dicky Shadqumulloh ketua PWPM Jatim dan Latipun ketua MPK PWM Jatim.

Kajian ramadhan Bersama Mas Diki Ketua PWPM Jawa Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here