Forum Ta’aruf dan Orientasi (FORTASI) Siswa maupun santri Muhammadiyah adalah kegiatan tahunan yang dilakukan saat memasuki tahun pelajaran baru di tingkat Sekolah dan pondok pesantren Muhammadiyah. Hal tersebut sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa aman, nyaman, persaudaraan dan kebersamaan bagi siswa/santri. Disisi lain kegiatan Fortasi juga dapat meningkatkan kreatifitas, kerjasama dan daya analisa santri baru sehingga akan terbentuk kader-kader terbaik sesuai orientasi madrasah.

Seperti halnnya MBS Haji Suyoto juga melaksanakan FORTASI yang pada Kamis-Ahad, (14-18/7) bertempat pondok pesantren MBS Haji Suyoto Watulimo asrama putra-putri.

FORTASI pada tahun ini mengambil tema : “Membangun Santri yang Terampil Beilmu dan Ber Akhlaq Mulia”

Yulfa Mardliana, selaku pengasuh bagian kesantrian asrama putri MBS Haji Suyoto Watulimo mengatakan bahwa IPM harus bisa memaksimalkan kegiatan FORTASI ini

“Dari FORTASI para santri baru diharapkan lebih mudah dalam mengenal lingkungan pesantren yang baru, selain itu juga diharapkan jika para santri baru mulai dapat menunjukkan jati dirinya sehingga akan terbangun persaudaraan dengan cepat”. Ungkap Yulfa.

Sementara itu, Mudhir MBS Haji Suyoto Watulimo, menegaskan agar santri bisa menumbuhkan persaudaraan yang telah dikonsep dengan meningkatkan kebersamaan dan persaudaraan.

“Harapan kami santri baru nanti dapat mengikuti kegiatan FORTASI dari awal sampai akhir dan dapat mengimplemtasikan materi-materi dan sangat menggembirakan bagi seluruh santri baru” Ungkap Ustadz Nanang.

Ia juga mengungkapkan bahwa FORTASI ditahun ini telah memberikan semangat atau energi kepada para santri baru, karena beberapa tahun terhenti.

“Kita bisa melaksanakan acara secara normal tahun ini, sekaligus kami berharap kedepannya agar para santri yang sudah di FORTASI dan mondok dipesantren MBS Haji Suyoto ini dapat menjadi Kader Muhammadiyah dan Bangsa” Imbuh Ustadz Nanang.

Materi – materi yang disampaikan dalam Forum Ta’aruf dan Orientasi santri baru ini tentang wawasan Kebangsaan dan Kamtibmas dipesantren yg disampaikan dari Pihak kepolisian, sosialisasi PHBS dan makanan sehat dipesantren dari pihak puskesmas Slawe, Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Selayang Pandang IPM, Sosialisasi adab dan tatib dipesantren, wawasan wiyata mandala dari sekolah umum, MTsM Watulimo dan SMAM 2 Watulimo. (INFOKOM-MBS HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Moment Perkemahan Arafah, Santri MBS HS Watulimo Lakukan Ini !

Para santri Muhammadiyah Boarding School (MBS) Haji Suyoto lakukan kegiatan Perkemahan Arofah…

Meriahnya Pawai Miniatur Truk dan Lampion di MIM Kamulan

Pawai miniatur truk dan lampion meriahkan takbir keliling MI Muhammadiyah Kamulan Jumat…