Sabtu, 22 September 2019 KOKAM PCPM Watulimo turut terjun ke sungai tanggulangi sampah. Agenda ini merupakan upaya bersama yang dilakukan pemerintah kecamatan Watulimo dengan seluruh masyarakat peduli kebersihan di wilayah Watulimo- Trenggalek.

Dalam acara yang diberi nama “Giat Bersih Kali Watulio Trenggalek” (GESIKA MOLEK) ini melibatkan ratusan personel, TNI, Kepolisian, kelompok pecinta lingkungan, masyarakat, Pemdes dan OKP di Watulimo. Tujuan diselenggaranya agenda ini selain untuk memperingati hari bersih internasional (Worl Cleanup Day) sekaligus juga untuk menggugah kesadaran masyarakat akan kebersihan sungai dilingkugannya.

Sampah memang sudah menjadi masalah serius yang perlu untuk segera diselesaikan. Kebiasaan masyarakat membuang sampah rumah tangga ke sungai belum juga hilang meskipun berkali-kali papan peringatan dan slogan larangan dibuat. Hal tersebut membuat sampah di Watulimo menumpuk disepanjang aliran sungai yang melewati jalan utama wisata.

“Tentu ini menjadi bahaya apalagi jika musim kering seperti ini, sampah di sungai akan menimbulkan bau busuk seperti dan menimbulkan banyak penyakit. Apalagi jika musim hujan sampah akan menuju ke hilir dan kawasan pantai yang berakibat pada rusaknya ekosistem serta bencana tinggal menanti” ujar relawan KOKAM yang turut kegiatan pagi itu.

Watulimo menjadi salah satu target penanggulangan sampah sungai karena sudah terbilang parah. Apalagi banyaknya industri rumahan disekitar sungai yang semakin menambah volume  sampah semakin menggunung. Hal tersebut menjadi masalah bersama yang perlu segera diselesaikan oleh masyarakat Watulimo.

Menindaklanjuti acara tersebut KOKAM PCPM juga berencana menggandeng Pimpinan Daerah untuk membuat agenda serupa agar masyarakat lebih peka akan kebersihan lingkungan dan kesehatannya. Apalagi hal serupa sudah mulai digarap serius oleh Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Durenan dengan mendirikan lembaga pengolah sampah “BANGSAMU”, yang akan menjadi role model penanggulangan sampah oleh Pemuda Muhammadiyah Trenggalek.

Bidang IT PDPM Trenggalek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Muktamar Pemuda Muhammadiyah Hampir Pasti di Kaltim? Begini Penjelasan PP

Hasil Tanwir II Jambi Pemuda Muhammadiyah pada Maret 2022 memutuskan bahwa Muktamar…

Sah, Wahid S Sidiq Jabat Ketua PDPM Trenggalek Gantikan Trigus

Jum’at (1/7), PDPM Trenggalek gelar rapat pleno pimpinan di SD Muhammadiyah 1…

MIM Watuagung, Dimiliki Muhammadiyah dan Dirawat Warga Krecek

Jum’at (15/4) bidang dakwah PDPM Trenggalek bersama jajaran PCPM dan PCM Watulimo…

Tahun ini MBS Haji Suyoto, Luluskan 3 Putri Terbaik !

kitapemuda.com– Wisuda ke-1 MBS Haji Suyoto Watulimo di gelar pada Senin, (04/04/22)…