Para santri Muhammadiyah Boarding School (MBS) Haji Suyoto lakukan kegiatan Perkemahan Arofah Senin (10/7). Acara tersebut adalah kegiatan di alam terbuka yang dilaksanakan di hari-hari Tasyrik mulai tanggal 11 – 13 Dzulhijjah 1443 H.

Perkemahan arafah sudah menjadi agenda tahunan Ponpes MBS Haji Suyoto Watulimo, perkemahan ini diikuti oleh seluruh santri baik di Asrama Putra maupun Putri sebagai wahana pembinaan karakter dan kemandirian santri. Sehingga Lokasinya secara terpisah menjadi dua tempat yang berbeda.

“Rangkaian agenda ini Sebagai sarana pembinaan santri yang menitikberatkan pada pengembangan diri santri yang terdiri atas bidang persatuan dan persaudaraan, prestasi, ibadah, mental, intelektual, spiritual, keterampilan”, ungkap Ahmad Nur Kholiq.

Kegiatan dibuka oleh mudir MBS Haji Suyoto Watulimo, beliau mengingatkan agar santri perlu belajar hidup di alam terbuka supaya mental dan jiwa kita menjadi kuat.

“kegiatan ini membutuhkan kekompakan, kreativitas dan semangat kalian semua agar meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, prestasi santri dibidang kepanduan serta berkomitmen terhadap penghayatan dan pengamalan pengalaman belajar hidup bersosial dan di alam terbuka” Ungkap Nanang Assofa, selaku mundhir pondok MBS HS.

Ada banyak kegiatan dalam Perkemahan Arofah ini, salahsatu diantaranya adalah Manasik Haji, para santri juga dibekali keilmuan dan praktik langsung dalam mengikuti rangkaian manasik haji, dimulai dari wukuf, towaf, melempar jumroh sampai dengan tata cara tahalul secara simbolis.

mbs_haji _suyoto5

Selain itu ada kegiatan perlombaan menghias tenda, cerdas cermat, pidato, qiro’at, pentas seni, yel-yel, lomba baris berbaris, memasak untuk putri serta lomba sepak bola memakai sarung untuk putra yang sdah menjadi ciri khas permainan dipesantren ini.

Banyak para santri yang merasa senang dan terkesan. Sebab bebeberapa diantaranya menganggap ini pengalaman mereka pertama kali. Sehingga mulai belajar dalam mendirikan tenda dan tidur di alam terbuka sebab biasanya tidur di atas kasur dengan kenyamananya. (INFOKOM-MBS HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Meriahnya Pawai Miniatur Truk dan Lampion di MIM Kamulan

Pawai miniatur truk dan lampion meriahkan takbir keliling MI Muhammadiyah Kamulan Jumat…

FORTASI MBS Haji Suyoto: Tanamkan Nilai Persaudaraan dan Kebersamaan

Forum Ta’aruf dan Orientasi (FORTASI) Siswa maupun santri Muhammadiyah adalah kegiatan tahunan…