Pemuda Muhammadiyah Trenggalek

Garis Garis Besar Haluan Gerakan Pemuda Muhammadiyah merumuskan enam pondasi utama sebagai koridor penting sebagai pondasi dan pijakan untuk mencapai tujuan organisasi.

Pertama. Pondasi tauhid atau aqidah. Aqidah Islamiyah merupakan landasan pokok dan ikatan utama berorganisasi gerakan dakwah amar makruf nahi mungkar dengan segmen pasar pemuda. Sebab jika ikatan yang kita miliki lemah maka dapat dipastikan gerakan Pemuda Muhammadiyah juga ikut lemah karena mengalami disorientasi.

Sehingga kerja-kerja yang dilakukannya hanya sekedar untuk “menggugurkan kewajiban”, tanpa adanya nilai yang diperoleh. Hal itu sebagaimana digambarkan dalam Al Qur’an surat Al Ankabut, 29 ; 41 yang berarti “Perumpamaan orang orang yang mengambil perlindungan selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah ialah rumah laba laba, kalau mereka mengetahui”.

Pondasi kedua bagi warga pemuda Muhammadiyah adalah pondasi sistem moral yang benar berdasarkan wahyu Illahi. Al Qur’an mengungkapkan dengan tegas sebagai petunjuk bagi sesama manusia, Al Qur’an juga berfungsi sebagai pemberi keterangan (al bayyan) dan pembeda (al Furqan) antara kebenaran dan kebatilan (QS. Al Baqarah 2:185).

Pemuda Muhammadiyah adalah organisasi gerakan Islam, karena itu wajib menjadikan Al Qur’an dan Sunnah sebagai rujukan amal yang benar. Karena itu ajaran yang terdapat dalam Al Qur’an dan Sunnah harus mampu tertambat kedalam sanubari dan spirit dalam aktivitas sehari-hari pemuda Muhammadiyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here